10 Pantai Malang Raya yang Mencuri Hati Wisatawan

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Malang juga punya pantai. Seringkali Malang diidentikkan dengan pegunungan, buah apel dan agrowisata lainnya. Ternyata pantai juga merupakan tujuan wisata di Malang Raya. Malang memiliki panorama pantai yang sangat indah dengan ciri khas ombak pantai laut selatan. Ombak yang cukup besar menjadi daya tarik bagi wisatawan yang punya hobi berselancar atau olahraga air lainnya yang cenderung ekstrim. Selain itu masing-masing pantai memiliki keunikan dan daya tariknya masing-masing. Sebut saja diantaranya seperti Pantai Bajul Mati di Kecamatan Gedangan yang cocok untuk kegiatan camping, Pantai Balekambang yang terkenal dengan upacara Suroan dan Jalanidhi Puja, Pantai Jongggring Saloka yang terdapat lubang besar menyemburkan air dan pasir hitam, dan masih banyak lagi keunikan menarik berbagai pantai Malang.

1. Pantai Balekambang

foto by wisatajatim.info

Pantai ini terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Di sini bisa kita dapati panorama pantai yang mempesona dengan pulau kecil di seberangnya. Pada pulau yang bernama Pulau Ismoyo ini berdiri sebuah pura yang rutin digunakan untuk upacara Suroan dan Jalanidhi. Ritual tahunan ini juga menjadi daya tarik khusus bagi wisatawan untuk mendatanginya.

2. Pantai Tiga Warna

foto by laurangelia.com

Pantai ini terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermajing. Pantai 3 Warna ini memang benar-benar memiliki 3 warna berbeda pada air lautnya, yakni merah, hijau, dan juga biru. Warna-warni pada air laut pantai ini disebabkan karena kedalaman air lautnya yang berbeda. Warna merahnya muncul dari kemampuan cahaya matahari yang hanya bisa menembus air pantai ini hingga kedalaman 20 meter. Sementara warna hijau disebabkan endapan lumpurnya bercampur dengan plankton yang berjumlah besar. Warna birunya menunjukkan tingkat kedalaman yang cukup tinggi. Kesemua warna tersebut semakin nampak indah dengan perpaduan pasirnya yang berwarna kecoklatan.

3. Pantai Pulau Sempu

foto by andrianjati.blogspot

Pantai Pulau Sempu terletak di sebelah selatan Kabupaten Malang, Pantai ini biasa di sebut juga dengan Segara Anakan. Pulau ini berada di dalam kawasan konservasi cagar alam, sehingga untuk berkunjung ke sana diperlukan surat pengantar khusus. Suasananya yang sunyi dan  asri membuat para wisatawan banyak yang datang ke tempat ini.

4. Pantai Bajul Mati

foto by bentara.id

Pantai Bajul mati terletak yang tepat di berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Bajul Mati, dalam kamus bahasa Jawa artinya buaya yang mati. Dari namanya memang sedikit aneh dan mungkin penamaan pantai ini memiliki nilai historis tersendiri. Tetapi nama Bajul Mati tidak ada kaitannya dengan peristiwa tertentu. Hanya saja mungkin karena di sekitar pantai terdapat gugusan-gugusan bukit yang memanjang mirip buaya mati, maka pantai ini kemudian disebut Pantai Bajul Mati.Panorama di pantai Bajul Mati terbilang menawan. Garis pantai yang dipenuhi hamparan pasir putih terlihat masih sangat alami.

5. Pantai Sendang Biru

 foto by indoloka.com

Pantai Sendangbiru berada di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Dari sejumlah wisata pantai di Malang, mungkin Pantai Sendang Biru adalah yang paling familiar di telinga. Berbeda dari pantai lainnya yang berombak besar, sebaliknya Pantai Sendang Biru berombak cukup tenang. Pada umumnya, wisatawan yang datang ke pantai ini menyukai kegiatan memancing, berenang, atau menyelam. Pantai Sendang Biru menawarkan panorama pantai yang indah. Bermain-main di pasir pantai ini akan terasa menyenangkan, sembari mencari kerang dan menangkap binatang laut lainnya. Karena ombaknya yang tenang, pantai Sendang Biru juga dijadikan tempat sandar perahu nelayan. Anda dapat menjumpai tempat pelelangan ikan dan membeli ikan secara langsung dari para nelayan.

6. Pantai Goa Cina

foto by infowisatatop.com

Pantai Goa China adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Konon ceritanya, pantai dan goa ini ditemukan pertama kali oleh pertapa China pada tahun 1950. Cukup menarik, sebuah goa di dalam bukit karang, dengan ukiran stalagtit-stalagtit kecil di atapnya dan meneteskan air. Jika Anda menyukai fotografi, sunset di Pantai Goa Cina ini adalah salah satu yang menawan.

7. Pantai Ngliyep

foto by kusukasuka.com

Pantai Ngliyep berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo. Ngliyep memiliki panorama yang sangat indah, memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan area bermain yang luas dengan ditumbuhi pepohonan yang rindang. Bahkan alunan gelombangnya pun cukup menarik untuk dinikmati. Karena itulah namanya Ngliyep yang memiliki arti setiap orang yang melihat pantai ini akan merasa mengantuk dan tertidur (bahasa Jawa: liyep-liyep). Ngliyep dikelilingi oleh tebing-tebing yang curam dam hamparan hutan tropis di sekitarnya.

8. Pantai Modangan

foto by travellers2009.wordpress.com

Pantai Modangan berada di Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, dan merupakan pantai paling ujung selatan barat Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di pantai inilah tempat bermuaranya sungai yang menjadi batas alam yang memisahkan antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Perbatasan itu ditandai dengan sebuah tugu kecil yang terletak di tepi sebuah sungai yang juga bernama Sungai Modangan. Eksotika Pantai Modangan tidak diragukan lagi. Pasir pantainya yang putih, serta panorama alami di sekitarnya, menjadi daya tarik utama Pantai Modangan. Di sebelah kiri pantai merupakan area pasir putih yang lembut dan bersih. Sedangkan di sebelah kanan pantai terdapat bebatuan atau kumpulan batu yang hitam dan indah dan terdapat sebuah muara yang airnya jernih. Pantai ini memiliki karakteristik ombak yang indah. Deburan ombak yang menghantam tebing-tebing karang semakin menambah keindahan pantai ini.

9. Pantai Sipelot Malang

foto by Haris2212

Pantai Sipelot berada di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo. Konon nama asli pantai ini adalah Spelot yang berasal dari bahasa Belanda dan artinya persinggahan. Menurut sejarahnya pada zaman dahulu pantai ini memang menjadi tempat persinggahan paling nyaman bagi Belanda.Panorama menawan bisa kita saksikan bila kita mengunjungi Pantai Sipelot. Dari atas bukit kita bisa menikmati pasir putih dan laut yang memantulkan sinar matahari sehingga tampak mengkilap. Di sana terdapat pula sebuah air terjun di dekat Pantai Sipelot ini, oleh penduduk setempat dinamakan Coban Sipelot.

10. Pantai Licin

foto by ngalam.co

Pantai Licin berada di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading. Keunikanpantai ini adalah seluruh hamparan pasirnya berwarna hitam legam padahal umumnya di kebanyakan pantai berwarna putih atau putih kecoklatan. Namun di Pantai Licin ini justru hitam dan ternyata pasir hitam ini berasal dari pasir muntahan lahar letusan Gunung Semeru. Saking banyaknya pasir hitam yang terbawa arus air di Sungai Glidik yang masuk ke laut akhirnya menutupi pasir putih yang ada di pantai ini.