TurunTangan Malang adalah gerakan sosial yang berlokasi di Kota Malang dan merupakan bagian dari TurunTangan di seluruh Indonesia. Gerakan ini didasari dengan pemahaman bahwa masalah di Indonesia tidak bisa diselesaikan hanya oleh satu orang saja. Sejarah adanya TurunTangan Malang dimulai ketika Anies Baswedan menjadi peserta konvensi Partai Demokrat pada tahun 2013. Ketika itu, Anies Baswedan memberikan gagasan bahwa setiap warga Indonesia harus turun tangan untuk menyelesaikan masalah yang ada di Indonesia. Berdasarkan gagasan ini, maka terbentuklah gerakan TurunTangan di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Kota Malang. TurunTangan Malang sendiri terbentuk secara resmi pada tanggal 14 Desember 2013.

Seiring dengan tidak terpilihnya Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Partai Demokrat, TurunTangan di berbagai regional kemudian bergerak untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi di daerah masing-masing. Sampai saat ini, TurunTangan Malang bergerak di beberapa bidang, diantaranya pendidikan, kebudayaan, lingkungan, dan beberapa bidang lainnya yang disesuaikan dengan permasalahan yang ada di Kota Malang. Berdasar pada beberapa permasalahan tersebut, TurunTangan Malang kemudian membuat beberapa project, seperti Ruang Sinau (bidang pendidikan), Jelajah Ngalam (bidang kebudayaan), serta turut berpartisipasi dalam kegiatan Indonesia Bebas Sampah 2020 (bidang lingkungan).

Ke depannya, TurunTangan Malang akan terus bergerak di berbagai bidang permasalahan yang dihadapi oleh Kota Malang, yang nantinya akan dikonversi ke dalam berbagai project. TurunTangan Malang memiliki slogan, yang berbunyi: “Ketika yang lain memilih urun angan, kita disini memilih untuk turun tangan”.

Generasi 3 TURUNTANGAN MALANG

Pada 15 Maret 2015 disusun struktur baru pengurus TurunTangan Malang untuk generasi 3.

Tujuan TurunTangan Malang di bawah kendali generasi 3 ini adalah menjadi sebuah komunitas yang mengabdi penuh terhadap masyarakat dan solutif terhadap semua permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat

Sesuai dengan kesepatan, struktur ini mengabdi selama 12 bulan terhitung dari tanggal 15 Maret 2015. Adapun nama – nama relawan yang mengisi struktur di atas adalah :

  1. Koordinator Umum: Fikra Akhmad Maurisha
  2. Sekertaris Umum: Anastasia Karina D.A.
  3. Bendahara Umum: Dini Rahmafathi
  4. Humas: Zahwa Irsalina (Kadiv)
    • Staf: Lalu Muhamad Khibran
  5. Divisi Media dan Publikasi: Irza B. Aulia (Kadiv)
    • Staf: Aditya Firmansyah ;Gisha Tara Rifani
  6. Divisi Relawan: Munawaroh (Kadiv)
    • Staf: Pebrianto Patandung
  7. Divisi Sosial: Sandy Angga
    • Pendidikan: Dewi Sundari
    • Budaya: Zara Amanda Mutia
      • Staf: Mohammad Ary Salfitra

TurunTangan Malang

website: turuntanganmlg.wordpress.com

IG: @turuntanganmlg

email: turuntanganmlg@gmail.com